Pengertian Metode dan Media

metode dan media

Metode berasal dari dua kata yaitu meta yang artinya melalui dan hodos yang artinya jalan atau cara. Jadi metoda adalah suatu jalan yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Adapun metodologi berasal dari kata metoda dan logi.

Logi berasal dari bahasa yunani logos yang artinya akal atau ilmu. Sehingga metodologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang jalan atau cara yng harus dilalui yntuk mencapai suatu tujuan.

Sebagai suatu ilmu, metedologi merupakan bagian dari perangkat disiplin keilmuan yang menjadi induknya. Oleh karena itu ilmu pendidikan sebagai salah satu disiplin ilmu juga memiliki metodelogi pendidikan. Yaitu suatu ilmu pengetahuan tentang metoda yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik.

Demikian pula Ilmu Pendidikan Islam merangkum metodelogi pendidikan islam yang tugas dan fungsinya adalah memberikan jalan atau cara sebaik mungkin bagi pelaksanaan oprasional. Pelaksanaannya melingkupi proses kependidikan yang berada didalam suatu system dan struktur kelembagaan yang diciptakan untuk mencapai tujuan pendidikan islam.

Sebagai komponen yang menunjang keberhasilan ilmu pengetahuan induknya (ilmu pendidikan islam), metodelogi pendidikan harus sejalan deengan subtansi, dan tujuan yang identik dengan subtansi dan tujuan ilmu pengetahuan induknya. Bila mana terdapat ketidak sejalanan maka akan berakibat kemandulan ilmu pendidikan dan menyebabkan ilmu tersebut tidak memiliki validitas (keabsahan) sehingga ilmu pendidikan yang seperti itu akan statis dan tidak berkembang.

Kata media berasal dari bahasa latin yaitu jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Secara umum media pembelajaran dalam pendidikan yaitu segala sesuatu ynag digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sehingga proses interaksi omunikasi edukasi antara guru ( atau pembuat media) dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dn berdayaguna.
thumbnail
Judul: Pengertian Metode dan Media
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Edukasi :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz