Teori Belajar John Dawey terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah

 http://coretanmahasiswa19.blogspot.com/2015/06/teori-belajar-john-dewey-terhadap.html

Pembelajaran berbasis masalah merupakan cara mendorong guru untuk melibatkan peserta didik dalam berbagai proyek berorientasi masalah dan membantu mereka menyelediki berbagai masalah yang kemudian dipecahkan secara mandiri oleh peserta didik sedangkan guru hanya melakukan bimbingan terhadap pemecahan suatu masalah.

Menurut Dewey, John (Trianto, 2007:17), metode reflektif di dalam memecahkan masalah melalui lima langkah berikut.

1) Siswa mengenali masalah, masalah itu datang dari luar diri siswa itu sendiri.
2) Selanjutnya siswa akan menyelidiki dan menganalisa kesulitan dan menentukan masalah yang dihadapinya.
3) Lalu dia menghubungkan uraian-uraian hasil analisisnya itu atau satu sama lain, dan mengumpulkan berbagai kemungkinan guna memecahkan masalah tersebut. Dalam bertindak ia dipimpin oleh pengalaman sendiri.
4) Kemudian ia menimbang kemungkinan jawaban atau hipotesis dengan akibatnya masing-masing.
5) Selanjutnya ia mencoba mempraktekkan salah satu kemungkinan pemecahan yang dipandangnya terbaik. Hasilnya akan membuktikan betul tidaknya pemecahan masalah itu. Bilamana pemecahan masalah itu salah atau kurang tepat, maka akan dicobanya kemungkinan yang lain sampai ditemukan pemecahan masalah yang tepat. Pemecahan masalah itulah yang benar, yaitu yang berguna untuk hidup.

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, teori belajar John Dawey sangat mendukung terhadap penerapan model problem based learning dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berawal dengan mengenali masalah, lalu menyelidiki atau menganalisa kesulitan masalah, merancang hipotesis jawaban dan menemukan jawaban atas permasalahan hingga akhirnya peserta didik mengetahui proses belajar dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukannya berguna untuk hidup mereka.
thumbnail
Judul: Teori Belajar John Dawey terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Edukasi :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz