Tips Merawat Gigi Berbehel

merawat behel

Pemakaian behel sudah begitu menjamur di seluruh lapisan masyarakat. Bak sudah menjadi sebuah gaya hidup atau status sosial. Dengan memakai behel atau bracket ini gigi dapat lebih rapi dan indah. Gigi yang kurang rapi akan sulit untuk disikat  bahkan fungsi pengunyahan menjadi kurang maksimal. Maka untuk mengatasi hal ini sebagian orang meilih behel sebagai solusinya.
Pemakaian behel tidak serta merta dilakukan tanpa usaha tambahan. Justru kita yang memakai behel harus ekstra lebih rajin merawat gigi supaya mendapatkan hasil susunan gigi rapi seperti yang kita diinginkan karena makanan lebih mudah menempel pada behel. Bila behel tidak dibersihkan, maka sisa makanan yang menempel di sela-sela behel bisa menimbulkan karang gigi dan risiko gigi berlubang. Pasalnya, karang gigi timbul karena sisa makanan yang termineralisasi, yang biasanya terjadi pada daerah yang susah dibersihkan serta area tempat melekatnya kuman di dalam mulut, yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi biasa.

Berikut ini beberapa Tips Merawat Gigi Berbehel agar terhindar dari masalah karang gigi dan kerusakan gigi lainnya.

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus
Sikat gigi interdental merupakan sikat gigi khusus untuk kawat gigi yang bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela kawat gigi setelah makan. Desain sikat gigi tersebut telah disesuaikan untuk memudahkan membersihkan gigi dan behelnya.

2. Kumur-kumur dengan Air Putih
Setelah membersihkan sisa-sisa makanan, kumur-kumur dengan air putih sehabis makan dan sebelum tidur.

3. Kunyah Makanan yang Telah Dipotong
Kunyah makanan dalam bentuk yang sudah dipotong suapya lebih nyaman dalam mengunyah dan tidak mengganggu kawat gigi serta bisa meminimalisasi sisa makanan yang menempel pada kawat gigi.

4. Hindari Makanan yang Keras
Supaya kawat gigi tidak mudah lepas, hindari makanan yang keras, lengket, dan sulit dikunyah. Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya dipotong kecil-kecil, seperti memotong apel terlebih dahulu sebelum dimakan. Menggigit apel yang bulat akan merusak kawat gigi dan menimbulkan rasa nyeri.

5. Hindari Makan Permen Karet
Permen karet mempunyai tekstur yang mudah lengket. Oleh karena itu, hindari makan permen karet.

6. Rajin Kontrol ke Dokter Gigi
Rutin melakukan kontrol ke dokter gigi minimal tiga minggu sekali. Gigi yang berbehel berisiko lebih tinggi untuk memicu karang gigi dan gigi berlubang.

7. Mengontrol dan Melakukan Pembersihan Karang Gigi (Scaling)
Sebaiknya rajin mengontrol gigi karena semakin lama tidak kontrol, semakin lama juga kemajuan perawatan sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal.
thumbnail
Judul: Tips Merawat Gigi Berbehel
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Lifestyle, Tips :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz