Nama-nama Istri Nabi Muhammad SAW

nama-nama-istri-nabi-muhammad-saw

Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk mengetahui sejarah Islam dengan baik. Begitu pun dengan dengan tak terkecuali dengan keluarga Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW.
Bagi kalian yang sudah mengetahui saya ucapakan Alhamdulillah bagi yang masih lupa atau belum ingat maka berikut saya share nih Biografi singkat dari istri-istri Nabi Muhammad SAW, Check this out

Nama-nama Istri Nabi Muhammad SAW :

1. Khadijah binti Khuwailid r.a.  
Khadijah binti Khuwalid adalah sebaik-baik wanita penghuni surga. Beliau merupakan wanita pertama yang hatinya tersirami keimanan dan dikhususkan Allah untuk memberikan keturunan Rasulullah SAW, menjadi Ummahatul mukminin. Dikenal dengan wanita suci karena sifat dan akhlaknya yang terpuji.  Khadijah adalah istri Nabi yang pertama dan menjadi istri satu-satunya sebelum ia meninggal.

2. Saudah binti Zum’ah r.a. 
Dikenal sebagai wanita yang memiliki otak cemerlang dan berpandang luas. Suami pertamanya adalah Al Sakran Ibn Omro Ibn Abed Shamz, yang meninggal beberapa hari setelah kembali dari Ethiophia. Umur Sawda Bint Zam’a sudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusinya. Inilah sebabnya kenapa Nabi SAW menikahinya.

3. Aisyah binti Abu Bakar r.a. 
Aisyah merupakan istri kecintaan Rasulullah dan satu-satunya istri Nabi yang masih gadis.  Aisyah sendiri adalah  anak sahabat nabi yang paling beliau cintai karena jasa-jasanya dalam menyiarkan dan memperjuangkan islam.  Aisyah begitu banyak meriwayatkan Hadist. 

4. Hafshah binti Umar bin Khaththab r.a. 
Hafshah adalah putri dari Umar, khalifah ke dua. 

5. Zainab binti Khuzaimah r.a. 
 Suaminya meninggal pada perang UHUD, meninggalkan dia yang miskin dengan beberapa orang anak. Dia sudah tua ketika nabi SAW mengawininya. Dia meninggal 3 bulan setelah perkawinan yaitu pada tahun 625 M.

6. Ummu Salamah r.a. 
Suaminya, Abud Allah Abud Al Assad Ibn Al Mogherab, meninggal dunia, sehingga meninggalkan dia dan anak-anaknya dalam keadaan miskin. Dia saat itu berumur 65 tahun. Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya meminta dia mengawini nya, tapi karena sangat cintanya dia pada suaminya, dia menolak. Baru setelah Nabi Muhammad SAW mengawininya dan merawat anak-anaknya, dia bersedia.

7. Zainab binti Jahsy r.a. 
Zainab binti jahsy adalah wanita Quraisy yang berparas cantik dan berasal dari keturunan keluarga baik-baik. Ia merupakan istri Nabi yang sering berpuasa, mengerjakan shalat malam, zuhud dan beribadah. Wanita dengan tangan yang terampil, dan menyedekahkan hasilnya untuk orang miskin.

8. Juwairiyah binti al-Harits r.a. 
Suami pertamanya adalah Masafeah Ibn Safuan. Nabi Muhammad SAW menghendaki agar kelompok dari Juayreah (Bani Al Mostalaq) masuk Islam. Juayreah menjadi tahanan ketika Islam menang pada perang Al-Mustalaq (Battle of Al-Mustalaq). Bapak Juwairiyah datang pada Nabi SAW dan memberikan uang sebagai penebus anaknya, Juwayriyah. Nabi SAW pun meminta sang Bapak agar membiarkan Juayreayah untuk memilih. Ketika diberi hak untuk memilih, Juayreyah menyatakan ingin masuk islam dan menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang terakhir. Akhirnya Nabi pun mengawininya, dan Bani Almustalaq pun masuk islam.  

9. Ummu Habibah r.a.
 Ummu Habibah mempunyai watak tenang, lembut dan toleran. Selama hidupnya bersama Rasulullah, dia telah banyak menguasai, menghafal, dan meriwayatkan hadist.

10. Mariyah al-Qibtiyah r.a. 
Mariyah merupakan wanita Mesir yang berparas cantik dan ia adalah istri Rasulullah satu-satunya yang melahirkan seorang putra, Ibrahim setelah Khadijah.


11. Shafiyyah binti Huyay al-Hilaliyah r.a. 
Seorang wanita yang pintar dan jujur. Dia berasal dari kelompok Jahudi Bani Nadir. Dia sudah menikah dua kali sebelumnya, dan kemudian menikahi Nabi SAW. 

12. Maimunah binti Harits al-Hilaliyah r.a. 
Maimunah merupakan satu-satunya wanita yang dengan ikhlas menyerahkan dirinya kepada Rasulullah ketika keluarganya hidup dalam kebinasaan jahiliah. Dia masih berumur 36 tahun ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW yang sudah 60 tahun. Suami pertamanya adalah Abu Rahma Ibn Abed Alzey. Ketika Nabi SAW membuka Makkah di tahun 630 A.D, dia datang menemui Nabi SAW, masuk Islam dan meminta agar Rasullullah mengawininya. Akibatnya, banyaklah orang Mekkah merasa terdorong untuk menerima Islam dan Nabi SAW.
thumbnail
Judul: Nama-nama Istri Nabi Muhammad SAW
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Edukasi, Profil :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz