Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) merupakan model yang akan menghasilkan prestasi tingkat tinggi. Hal tersebut dituangkan dalam The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An experimental study in fourh-grade classrooms oleh Thomas L. Good and Douglas A. Grouws pada tahun 1979. Dalam pembelajarannya guru harus membangun pengetahuan peserta didik dan memastikan setiap peserta didik untuk siap belajar dan paham pada setiap materi. Terdapat lima langkah dalam pembelajaran Missouri mathematics project (MMP) yaitu: Daily review, development, seatwork (Homework Assignment), Special Reviews.
Menurut Good, Grouws, & Ebmeier (Slavin, Robert E. and Cynthia Lake, 2007:31),”The Missouri Mathematics Project, or MMP is a program designed to help teacher effectivelu use practices that had been indentified from earlier correlational research to be characteristic of teachers whose students made outstanding gains in achievement”. Dari pernyataan tersebut model pembelajaran Missouri mathematics project (MMP) dirancang untuk membantu guru mengefektifkan latihan-latihan terhadap peserta didik agar terjadi kemajuan yang luar biasa.
Kunci untuk meningkatkan hasil prestasi matematika adalah mengubah cara guru dan peserta didik berinteraksi di kelas. Karakterisasi dari model pembelajaran Missouri mathematics project (MMP) adalah focus pada bagaimana guru menggunakan strategi proses pembelajaran. Seperti menggunakan waktu secara efektif, menjaga anak-anak terlibat secara produktif, memberikan anak-anak kesempatan dan insentif untuk membantu belajar satu sama lain, dan memotivasi siswa untuk tertarik dalam belajara matematika.
Menurut Shadiq, Fadjar (2009:21) model pembelajaran Missouri mathematics project (MMP) memuat lima langkah
1) Pendahuluan atau review
a) Membahas PR
b) Meninjau ulang pelajaran lalu yang berkait dengan materi baru
c) Membangkitkan motivasi
2) Pengembangan
a) Penyajian ide baru sebagai perluasan konsep matematika terdahulu
b) Penjelasan, diskusi demonstrasi dengan contoh konkret yang sifatnya pictorial dan simbolik
3) Latihan dengan bimbingan guru
a) Siswa merespon soal
b) Guru mengamati
c) Belajar kooperatif
4) Kerja mandiri
Siswa bekerja sendiri untuk latihan atau perluasan konsep pada langkah 2
5) Penutup
a) Siswa membuat rangkuman pelajaran, membuat renungan tentang hal-hal yang sudah dilakukan serta hal-hal kurang baik yang harus di hilangkan.
b) Memberi tugas
Widdiharto, Rachmadi (2004:29) juga mengemukakan mengenai model pembelajaran MMP sebagai berikut
Langkah 1: Review
a) Meninjau ulang pelajaran yang telah lalu
b) Membahas PR
Langkah 2 : Pengembangan
a) Penyajian ide baru atau perluasan konsep meatematik yang terdahulu
b) Penjelasan diskusi, demontrasi dengan contoh konkret matematika yang sifatnya piktoral dan simbolik
Langkah 3: latihan terkontrol
a) Siswa merespon soal
b) Guru mengamati
c) Belajar kooperatif
Langkah 4: seatwork
Siswa bekerja sendiri untuk latihan
Langkah 5: PR
Tugas PR Soal Review
Missouri Mathematics Project (MMP) menekankan pada belajar kelompok dan kemandirian peserta didik. Dalam hal ini peserta didik terbiasa dengan beragam soal latihan tentang suatu konsep sehingga peserta didik bukan hanya hafal konsep melainkan dapat belajar bermakna dan secara tidak langsung membangun pemahaman matematik peserta didik tentang suatu konsep. Penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Projeck (MMP) memumngkinkan untuk terjadi interaksi tingkat tinggi, karena dalam pembelajarannya terjadi berbagai interaksi antar guru dan peserta didik, peserta didik dan peserta didik, bahkan dengan media atau sumber belajar.
Judul: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sabtu, Januari 03, 2015
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sabtu, Januari 03, 2015
boleh tahu sumbernya dari buku apa ?
BalasHapuskalo boleh tolong beritahu ke email ihartika@yahoo.com terimakasih banyak kaka
BalasHapusMau info nya ya buku yang membahas tentang MMP buku apa ya? Trm ksh
BalasHapus