Teori Belajar Vygotsky

teori-belajar-vygotsky

Teori Vygotsky di dalam Materi Pelatihan Terintegrasi (depdiknas 2004) menekankan pada hakekat sosiokultural dari pembelajaran. Vygotsky mengkritik pendapat Piaget yang menyatakan bahwa faktor utama yang mendorong perkembangan kognitif anak adalah motovasi atau dari sisi individu itu sendiri untuk mau belajar dan berinterkasi dengan lingkungan. Vygotsky berpendapat “interaksi individu dengan lingkungan adalah faktor utama yang mendorong atau memicu perkembangan kognitif seseorang” (Vygotsky dalam depdiknas 2004). Faktanya tentang hal ini dinyatakan oleh Liu, yaitu bahwa “pembelajaran konstruktivisme telah diakui daat memperkuat pendapat bahwa pengetahuan bukanlah suatu pendekatan mekanis, akan tetapi lebih bersifat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dengan melalui pendekatan lingkungan, hal ini merupakan suatu paradigma baru dalam psikologi pendidikan” (Liu 2005:387).

Salah satu lingkungan yang baik, efektif dan efisisen yang dapat melatih perkembangan kognitif siswa seperti yang dikemukakan Vygotsky adalah lingkungan belajar model kooperatif (cooperative learning) dalam bimbingan seorang guru. Menurut Vygotsky setiap anak mempunyai zona perkembangan proksimal atau ZPD (Zone of proksimal development) sendiri-sendiri. ZPD ini merupakan selisih antara apa yang dapat dilakukan setiap siswa secara independepen dan apa yang dapat dilakukan siswa dalam bimbingan seseorang pembimbing/guru. Bantuan yang diberikan dimaksudkan agar siswa tersebut mampu mengerjakan tugas yang lebih tinggi dan lebih rumit jika dibandingkan kemampuan anak itu sendiri. Bantuan semacam ini disebut dengan scaffolding(dukungan berjenjang), yaitu memberikan sejumlah bantuan kepada siswa selama tahap-tahap awal pembelajaran kemudian mengurangi bantuan secara bertahap tersebut dan memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk menyelesaikan tugasnya. Scaffolding tersebut dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, penguraian langkah-langkah pemecahan, pemberian contoh atau segala sesuatu yang dapat mengakibatkan siswa mandiri.

Hal ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Luckin dan du Boulay yang menyatakan bahwa hal terpenting dalam menggambarkan ZPD dari aspek lain adalah seberapa sering kolaborasi atau asinstensi siswa dengan pihak lain atau pasangan belajar (Luckin and du Bulay 1999:199).
thumbnail
Judul: Teori Belajar Vygotsky
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Edukasi :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz