Bahasa merupakan alat komunikasi yang berperan penting dalam proses interaksi antara manusia sebagai mahluk sosial. Melalui bahasa baik lisan maupun tulisan manusia melakukan komunikasi untuk mengungkapkan perasaan, ide, dan menyampaikan berbagai informasi kepada orang lain.
Bahasa Inggris mempunyai pengaruh yang semakin dominan di berbagai negara berkembang termasuk Indonesia. Dalam bidang pendidikan, bahasa Inggris mempunyai andil besar karena hampir semua buku teks dalam berbagai disiplin ilmu ditulis dalam bahasa Inggris, yakni dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Kenyataan diatas mendorong bangsa Indonesia mempelajari bahasa Inggris dengan tujuan membuat siswa mampu menggunakan bahasa inggris dengan baik dan untuk mempersiapkan generasi muda agar mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi dalam interaksi global.
Bahasa Inggris mempunyai empat keterampilan berbahasa yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Dari keempat keterampilan berbahasa ini, writing adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa untuk menyampaikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Berdasarkan kurikulum yang diterapkan di Indonesia, pelajaran bahasa Inggris lebih difokuskan pada penggunaan Genres (jenis teks). Beberapa jenis teks yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa ditingkat sekolah menengah pertama yaitu narrative, recount, procedure, descriptive, dan report. Dalam penelitian ini, penulis fokus pada narrative text. Narrative text adalah salah satu jenis teks yang berhubungan dengan cerita atau dongeng yang bertujuan untuk menghibur pembaca.
Berdasarkan pengalaman narasumber, mereka menemukan banyak siswa yang tidak mampu menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Kasus seperti ini disebabkan oleh banyak faktor. Faktor yang biasanya sering muncul dalam membuat teks adalah kesulitan siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan, kemudian siswa kesulitan dalam membuat kalimat-kalimat yang sistematik dan satu-kesatuan dalam sebuah komposisi. Disamping itu, siswa tidak memiliki motivasi untuk membuat teks dengan komposisi yang baik. Narasumber menduga bahwa permasalahan-permasalahan tersebut salah satunya disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar.
Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan ini adalah guru harus menggunakan media pembelajaran yang cocok digunakan dalam pengajaran narrative text. Dalam penelitiannya, narasumber memilih media pembelajaran series pictures untuk memudahkan siswa dalam menulis teks narrative.
Judul: Pembelajaran Series Pictures Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Bahasa Inggris
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jumat, Mei 30, 2014
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Jumat, Mei 30, 2014
0 komentar:
Posting Komentar
Terimakasih tidak meninggalkan tautan link