Daftar 12 Kota Penyelenggara Piala Dunia Brazil 2014


Coretan Mahasiswa - Pada kesempatan yang berbahagia ini dalam rangka menyambut perhelatan akbar world cup maka saya akan men-share mengenai penyelenggaraan piala dunia ini. Karena tidak mungkin diselenggarakan pada satu kota saja maka Piala dunia ini dilaksanakan di 12 kota terpilih di negeri Samba, Brazil. Maka kota mana sajakah yang berhak menyelenggarakan ajang kejuaraan ini?

Berikut ini Daftar 12 Kota Penyelenggara Piala Dunia Brazil 2014

1. Rio de Janeiro

Rio de Janeiro sering disebut hanya sebagai Rio, adalah ibukota kota Negara Bagian Rio de Janeiro, kota terbesar kedua di Brasil, dan daerah metropolitan terbesar ketiga dan aglomerasi di Amerika Selatan, boasting sekitar 6,3 juta orang dalam kota yang tepat, menjadikannya 6 terbesar di Amerika, dan 26 di dunia. Rio de Janeiro adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di belahan bumi selatan dan dikenal untuk pengaturan alam, perayaan karnaval, samba, Bossa Nova, pantai balneario  seperti Barra da Tijuca, Copacabana, Ipanema, dan Leblon. Beberapa landmark yang paling terkenal di samping pantai termasuk patung raksasa Kristus sang Penebus ("Cristo Redentor") atas gunung Corcovado, sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Baru Dunia, Sugarloaf gunung (Pão de Açúcar) dengan kabel yang mobil, sedangkan Sambodromo, sebuah pacuan berlapis permanen parade jalan yang digunakan selama Karnaval, dan Stadion Maracanã, salah satu stadion terbesar di dunia sepakbola.
  
2. Brasilia
Kota Brasilia Brasil pada bulan Juni dan Juli 2014 ini dipastikan akan sibuk. Hal ini berkaitan dengan perhelatan Piala Dunia 2014 yang akan dimulai pertengahan bulan Juni Kota Brasilia sebagai ibukota negara, dengan sendirinya merupakan pusat pemerintahan dan politik. Tetapi jangan khawatir, tentunya Kota Brasilia juga memiliki objek wisata yang layak dikunjungi selain Stadion Nasional Mane Garrincha (Estadio Nacional Mane Garrincha), tempat dilangsungkannya pertandingan sepakbola Piala Dunia 2014.
Sebagai kota yang cukup tua, Brasilia menyimpan berbagai benda dan monumen bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan di Museum Nasional di kota itu. Selain itu, Kota Brasilia juga memiliki berbagai gedung dan bangunan dengan arsitektur unik yang patut dijadikan objek ber-selfie para turis. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Palace of Justice, Itamaraty Palace dan Katedral Brasilia yang gedungnya terbuat dari panel kaca membentuk pilar-pilar. Kemudian ada jembatan di atas danau buatan bernama Paranoa yang juga berasitektur tak biasa
3. Sao Paulo
São Paulo adalah kota terbesar di Brasil dan belahan bumi selatan, dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar ke-7 di dunia. Kota ini merupakan ibukota negara bagian São Paulo, negara bagian dengan jumlah penduduk terbesar di Brasil.São Paulo dianggap sebagai kota global alfa.
Dengan jumlah penduduk sekitar 11.037.593 jiwa, di atas tanah seluas 1.523 kilometer persegi (588 mil²), adalah salah satu kota terpadat di Amerika.
Kota ini juga terletak di tengah-tengah wilayah metropolitan São Paulo yang banyak penduduknya, yaitu sekitar 19.889.559 jiwa pada tahun 2009 di atas kawasan seluas 7.944 kilometer persegi (3,067 mil²), adalah wilayah metropolitan terbesar di Brasil, dan terbesar kedua di benua Amerika.

4. Fortaleza
Kota Fortaleza, ibukota negara bagian Ceará Brasil menjadi satu dari 12 kota penyelenggara laga sepakbola Piala Dunia 2014. Laga sepakbola akan digelar di Stadion Castelao (Estadio Castelao). Kota ini terletak di bagian utara Brasil. Merupakan sebuah kota besar di Brasil, selain Rio, Brasilia dan Sao Paulo. Kota Fortaleza sangat populer bagi rakyat Brasil karneini menawarkan keindahan pantai dan tentunya aktivitas laut seperti berenang, berselancar, memancing dan sebagainya.
Pantai yang terkenal di Kota Fortaleza adalah Pantai Praiya do Futuro. Pantai ini menjadi pusat wisatawan yang ingin berjemur maupun berselancar. Juga, merupakan pantai yang menjadi tempat berkumpulnya kaum homoseksual. Bila ingin menikmati pantai yang "aman" dan tenang, maka pilihannya adalah Pantai Praia de Iracema dan Meireles. Atau kunjungi waterpark setempat yang biasa dijadikan tempat rekreasi keluarga.

5. Belo Horizonte
Belo Horizonte adalah Ini adalah ibu kota negara bagian Minas Gerais yang kental dengan budaya Sao Paulo. Ada Pegunungan Curral yang membentang di tenggara. Tim nasional Inggris akan bertarung di kota ini melawan Kosta Rika pada 24 Juni. Setelah pertandingan, tak ada salahnya Anda mengakhiri malam yang indah di Savassi. hari berikutnya, Anda bisa melihat berbagai koleksi seni di Inhotim, salah satu koleksi seni yang paling mengesankan di Amerika Selatan menempuh jarak satu jam perjalanan.

6. Porto Alegre
Porto Alegre adalah sebuah kota yang terletak di sebelah tenggara Brasil, sekitar 2.100 km dari ibukota Brasil, Brasilia. Penduduknya berjumlah 1.509.000 jiwa (2010). Kota ini didirikan pada tahun 1772. Luasnya adalah 496 km². Dalam Bahasa Inggris, porto alegre berarti happy harbour. Kota di tepi Danau Guaiba ini memiliki keunikan alam yang jarang ditemui. Dalam sejarah sepakbola Brasil, Porto Alegre telah melahirkan pemain-pemain terkenal, dan sebagai kota penyelenggara Piala Dunia 2014, ibukota negara bagian Rio Grande do Sul ini menyiapkan Stadion Beira-Rio yang sudah direnovasi. Tersembunyi, mungkin kata itulah yang bisa mewakili tentang Porte Alegre. Kota terbesar keempat di selatan Brasil ini memiliki benteng alam yang unik. Dia terletak di muara Sungai Guaiba yang merupakan gabungan lima sungai besar di pedalaman. Aliran air dari 40 pegunungan di pedalaman itu tidak berakhir di lautan, tapi di Danau Guaiba

7. Salvador
Salvador Salvador adalah sebuah kota yang terletak di Timur laut Brasil. Kota ini merupakan ibu kota Bahia. Salvador dikenal sebagai ibu kota kebahagiaan karena jumlah penduduknya yang cukup stabil pertumbuhannya dan banyak pesta rakyat seperti karnaval jalanan. Kota ini juga merupakan salah satu kota tertua Brasil. Salvador merupakan kota terpadat ketiga di Brasil setelah São Paulo dan Rio de Janeiro, dan juga merupakan kota terpadat ke-8 di Amerika Selatan setelah Kota Meksiko, São Paulo, Buenos Aires, Lima,Bogota, Rio de Janeiro dan Santiago. Salvador terkenal dengan kuliner, musik dan arsitekturnya. Area metropolitannya merupakan yang terkaya di daerah timur laut negara. Lebih dari 80% penduduk di metropolitan Salvador adalah keturunan Afrika.

8. Recife
Kota Recife merupakan ibukota negara bagian Pernambuco Brasil. Nama recife diambil dari Bahasa Portugis yang artinya koral atau karang. Hal ini ditandai dengan karang di Pantai Boa Viagem, pantai sepanjang 8 kilometer yang menjadi bibir kota. Pada perhelatan Piala Dunia 2014 nanti, Kota Recife juga menggelar laga sepakbola di Stadion Arena Pernambuco.
Gugusan karang di pantai tersebut selain memiliki makna nama kota, juga seperti pembatas alami untuk melindungi kota dari hantaman ombak yang dahsyat dan ganasnya ikan hiu. Namun, jarak antara pantai pasir putih dengan karang, cukup jauh sehingga para penyuka pantai masih bisa menikmati pasir putih dan berenang di air jernih pantai, tanpa terganggu dengan karang. Akan tetapi, jangan berenang melewati karang-karang yang ada, sebab Anda akan langsung masuk ke dalam Samudera Atlantik yang kabarnya penuh ikan hiu.

9. Cuiaba
Cuiaba adalah ibu kota negara bagian Mato Grosso, Brasil. Penduduknya berjumlah 508.156 jiwa (2004). Kota Cuiaba adalah ibukota negara bagian Mato Grosso, Brasil. Kota ini juga merupakan penyelenggara laga sepakbola Piala Dunia 2014 yang akan digelar di Stadion Arena Pantanal yang rencananya akan menggelar empat laga termasuk laga pembukaan Piala Dunia 2014 pada 13 Juni. Nama Cuiaba konon berasal dari bahasa Indian Amerika Latin yang artinya “memancing dengan panah”. Kota ini identik dengan kuliner, tari tradisional, pesta, musik dan karya seni.
Kota Cuiabá berdiri tahun 1727 dan di kota ini terdapat 17 museum yang layak dikunjungi, wisata alam dan tradisi kuliner yang mengesankan. Museu Morro da Caixa D´Agua Velha merupakan museum tertua di kota ini dan selain memiliki sejumlah benda bersejarah, bangunan museum tersebut sudah menjadi objek menikmati keindahan seni dengan pengaruh Romawi yang kuat. Berikutnya adalah Museu Histórico de Mato Grosso yang setiap ruangannya menggambarkan sejarah kota selama beberapa periode. Masih terdapat lebih dari selusin museum yang juga mengesankan. Bahkan, di halaman museum-museum tersebut, kadang digelar tari tradisional dan pertunjukan musik.

10. Manaus
Kota Manaus merupakan ibukota negara bagian Amazonas Brasil. Kota ini sering disebut sebagai pintu gerbang menuju hutan liar terkenal Amazon. Namun, untuk tahun 2014 ini, Kota Manaus menjadi magnet wisatawan karena menjadi kota penyelenggara laga sepakbola Piala Dunia 2014. Laga sepakbola di kota ini, akan digelar di Stadion Arena Amazonia.
Sebagai negara bagian berwilayah terluas, Kota Manaus tak hanya memiliki pesona Hutan Amazon, tetapi juga museum dan bangunan bersejarah. Bagi wisatawan penggila belanja bahkan bisa memuasi diri di pasar Mercado Adolpho Lisboa, sebuah pasar yang sudah berusia ratusan tahun. Ajang Piala Dunia 2014 yang dimulai pada pertengahan Bulan Juni juga menjadi momen tepat bagi wisatawan untuk menikmati acara tahunan Processão de São Pedro, yakni parade ratusan kapal dan perahu di sungai Kota Manaus.

11. Natal
Natal adalah ibu kota negara bagian Rio Grande do Norte, Brasil. Penduduknya berjumlah 763.000 jiwa (2004). Kota Natal merupakan ibukota negara bagian Rio Grande do Norte, Brasil. Kota ini terletak di bibir Samudera Atlantik dan karenanya memiliki pantai-pantai nan cantik. Nama Natal berasal dari bahasa Portugis yang berarti Christmas. Kota ini berdiri pada 25 Desember 1599 dan pada ajang Piala Dunia 2014 Juni-Juli mendatang, Kota Natal juga menjadi penyelenggara laga sepakbola yang akan dilaksanakan di Stadion Arena das Dunas.
Bagi mereka para pencinta sepakbola, pantai, matahari dan pasir, pastinya tak akan melewatkan keindahan Kota Natal. Kota ini merupakan delapan kota besar di Brasil yang paling sering dikunjungi. Keindahan pantainya menjadikan kota tersebut sebagai tempat investasi properti para kaum kaya Brasil dan mancanegara. Walaupun memiliki beberapa pantai berpasir putih nan indah yang banyak dikunjungi para wisatawan, kehidupan di kota ini cenderung lebih "aman" ketimbang kota-kota besar di Brasil lainnya yang menawarkan kehidupan malam yang bebas.

12. Curitiba

Kota Curitiba adalah ibukota negara bagian Parana, Brasil. Kota ini merupakan salah satu kota penyelenggara ajang Piala Dunia 2014. Laga sepakbola di kota sejuk itu akan digelar di Stadion Arena da Baixada. Dalam Bahasa Portugis, Curitiba berarti negeri kacang pinus. Hal ini dikarenakan banyak pohon pinus yang bisa ditemui di kota yang berada di ketinggian 932 meter di atas permukaan laut.
Dengan demikian, bisa dibayangkan bahwa cuaca di kota ini pastilah sejuk karena berada di dataran tinggi. Bagi penggemar sepakbola yang ingin menyaksikan laga Piala Dunia 2014 sekaligus menikmati Brasil yang sejuk, pastikan bahwa Anda membeli tiket menuju Kota Curitiba. Suhu rata-rata di kota ini sekitar 12 hingga 19 derajat Celsius. Tak heran apabila Kota Curitiba menjadi sasaran penduduk Brasil dari negara bagian lain, yang sedang "kepanasan".
thumbnail
Judul: Daftar 12 Kota Penyelenggara Piala Dunia Brazil 2014
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Berita, Dunia, Olahraga :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih tidak meninggalkan tautan link

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz